PELATIHAN SAK-ETAP PDAM CILEGON MANDIRI

Cilegon, Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengembangan bagi para pegawai PDAM Cilegon maka selama dua hari yaitu 3 - 4 Desember 2019 bertempat di Kantor PDAM Cilegon Mandiri mengelar pelatihan penyusunan laporan berbasis SAK-ETAP bagi para karyawan yang ada di lingkungan Keuangan, Teknik serta Hubungan pelangan.

Sesuai dengan ruang lingkup SAK–ETAP maka standar ini dimaksudkan untuk digunakan oleh entitas tanpa akuntabilitas publik. Entitas tanpa akuntabilitas publik yang dimaksud adalah entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan dan tidak menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purposes statement) bagi pengguna eksternal. Contoh pengguna eksternal adalah pemilik yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, kreditur, dan lembaga pemeringkat kredit.

Entitas yang laporan keuangannya mematuhi SAK–ETAP harus membuat suatu pernyataan eksplisit dan secara penuh (explicit and unserved statement) atas kepatuhan tersebut dalam catatan atas laporan keuangan. Laporan keuangan tidak boleh menyatakan, mematuhi SAK–ETAP kecuali jika mematuhi semua persyaratan dan SAK–ETAP. Apabila perusahaan memakai SAK–ETAP, maka auditor yang melakukan audit di perusahaan tersebut juga akan mengikuti SAK–ETAP.

Melalui pelatihan ini, peserta/karyawan diharapkan dapat memahami mengenai SAK–ETAP serta kedepannya mampu untuk menyajikan laporan keuangan sesuai dengan SAK–ETAP.